Transmisi genre Megapro dan Vixion sama-sama ada plus-minusnya..

Kalau saya amati sekilas, tampaknya duel yang paling dinantikan yakni Vixion killer vs New Vixion itu cenderung menggarisbawahi mekanisme engine, kecanggihan, atau soal kegagahan framenya. Padahal kalau  diperhatikan bagi yang pernah punya dua motor tersebut (atau pernah dipinjemi :D), ada bagian pada transmisi yang perlu diperbaiki..

Mulai dari si sayap kepak. Megapro yang 160cc itu (yang bintang iklannya primus yustisio) secara mesin sudah cukup halus dan sip.. Pemindahan gigi dari satu posisi satu posisi lainnya enteng banget dan smooth..imho. Namun ketika coba cari posisi gir Netral, byuhh cukup susah tuh.. cmiiw
Pertama gianluigimario pikir paling karena faktor tahun produksinya  dan versi terbaru pasti nggak gitu.
Ealah pas nyoba New Megapro milik teman, gejalanya hampir serupa.. Dicari-cari beberapa kali nggak bisa ketemu tuh lampu Hijau alias netral..

Untuk Vixion tampaknya terjadi hal sebaliknya.
Menetralkan mesin nggak sesulit pada pesaingnya, tak banyak teman yang mengeluhkan.. namun perpindahan giginya susah, relatif gemerisik, dan kurang halus. Tiga tahunan ganti-ganti bengkel resmi maupun mekanik langganan samping rumah, ganti kampas kopling, hasilnya masih 11-12. si Vixion masih ‘kasar’ transmisinya. Barangakali Yamaha memang begitu karakternya, mengingat ketika masih nyemplak Jupiter dan Supra 2 tahun lebih, persneling milik Supra masih lebih smooth..

Harapan kita sih, selain mengkampanyekan peningkatan tenaga maupun kecanggihan engine para pabrikan tidak lupa untuk memberi sentuhan kepada girboksnya. Jika perpindahan gigi alus maupun netralnya nggak susah dicapai tentu akan menyempurnakan nilai motor2 baru nantinya.

Dan yang lebih jos lagi kalau kedua varian baru nanti sudah meninggalkan sistem 5-transmisi, alias pakai 6speed. Tampaknya itu akan jadi nilai tambah tersendiri. Bebek aja sudah ada yang pakai 6 speed, masak duel  motor laki masih setingkat dibawahnya bebek???

Kencang, powerful,  transmisi pun smooth.. sungguh sebuah nilai yang menggiurkan..
(gianluigimario)

Advertisements

29 thoughts on “Transmisi genre Megapro dan Vixion sama-sama ada plus-minusnya..

  1. cah ndeso says:

    kita bicara memang gampang…. tapui para insinyur juga mumet lho memikirkan itu dengan pertimbangan berbagai aspek

  2. […] Asal Kota Gresik Jatim ini termasuk rajin update Artikel..RT yakin Bro satu ini   ditengah kesibukannya masih […]

  3. son says:

    Iya kalo honda memang lebih smooth,ane pake karisma,gas gak turun 100% (masih setengah gas),pindahnya gak ada hentakan,kalo yamaha belum tahu (belum jajal sport/bebek yamaha,matik sih sering)

  4. dave says:

    saia ganti gigi di motor saia gampang2 aja,,
    dari netral ke 1 netral ke 2,, dsb..
    netralin dari 1 ato 2 jg gampang,, 😀
    cm kadang2 kalo lagi jalan suka di netralin,,
    trs tar dalam keadaan pelan ky mo berenti,,
    mo masukin gigi 1 suka susah..
    masukin gigi 2 gampang,,
    tapi kan jalan cm 1-3km/jm masa masukin 2?
    nah kadang2 gt d suka susah masukin satu,,
    musti sedikit kekerasan,, 😀
    tapi kalo pemakaian normal,, ga ada masalah..

  5. Dismas says:

    Baru tau mas, kalo baik Vixy maupun NMP, transmisinya kurang sip gitu. Byson gimana ya ❓
    http://dizmaz.wordpress.com/2012/06/23/inspirasi-modifikasi-motor-honda-cbr-250r-part-1/

  6. Nichoz Ahmad says:

    yahh,,, itulah keunggulan dan kekurangan suatu produk,,,

    http://chozinahmad.wordpress.com/2012/06/22/cairan-penambal-ban-picu-karat/

  7. redbike92 says:

    wah belum pernah naik jadi menyimak saja
    Supra ama Jupiter memang smooth-an supra
    tapi kalau Jupiter RPM tinggi masih “nendang” :mrgreen:

  8. lek nmp.megapro primus susah netral kemungkinan stelan kopling ga pas/standar 10 sampe 20 mm,celahnya,klo stelan ok masih susah netral bisa kemungkina n kanvas kopling gosong/lengket,bisa karena oli tidak sesuai spek/kanvas kopling masih baru jadi masih ketebalan n walau handle kopling ditarik full kanvas kopling lom bebas sempurna shg susah netralin gigi,pengalaman pake megi primus 5 tahun,

  9. rendy says:

    saya pake megapro primus.jujur saja.pindah gigi enteng.akselerasi cepat.kecepatan maksimum yg prnah saya sambangi 132 km/jam.sayangnya bodi dan rangka ringan.jadi khawatir jg

  10. jimmy says:

    Kalo masalah smooth ato gak itu juga di pengaruhi kualitas oli…coba deh pake motul 5100… Gw pake vixi terasa smooth aja tuh klo pindah gigi.. Kecuali klo engine lum di panasin trus lsg jln..

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s