Seberapa dahsyat karakter teralis nantinya? satu opini kecil..

Hari ini ada bocoran teralis lagiii…. Mesinnya Injeksi dan lebih irit dari seniornya, si CBR150, kata pentolan AHM yang dikutip mas IWB.

Nah mari buat diskusi kecil dan beropini, khas warung ini.
saya berikan topik ” karakter si teralis, mau yang seperti apa?”..

Opini ku disik yo?
Disini bisa kita pecah menjadi 2 hal :
– keinginan akan motor kencang
– tuntutan pasar

Nah jika kita merujuk pada point pertama, maka tentu saja kita berharap si Teralis nantinya bakal kencang abis, meski tak secepat kakaknya. Untuk itu, dibekali mesin dohc yang sadis rpm atas, harapannya adalah output power motor ini lebih besar dan mantap. Dengar istilah dohc kan angan kita hampir selalu tertuju ke “motor cepat”.

Imho saya pribadi pun mengharapkan hal serupa, agar karakter yang ditawarkan lain dari New Vixion yang akan digempur. Diferensiasi lah pokoknya.. hehe

Tapi secara marketing, barangkali AHM berkesimpulan bahwa Vixion yang powernya tak bengis hanya SOHC aja sudah begitu digemari.. mungkin karakter torsi lebih diminati konsumen kita kebanyakan. Bisa jadi karena lingkungan, atau memang anggapan sebagian orang bahwa topspeed yang tinggi tuh nggak perlu2 amat..  Akhirnya, AHM ambil kebijakan, motor baru ini lebih berkarakter torsi aja, mengingat suksesnya Vixion sampai sekarang..

Maka jadilah sebuah mesin yang “lebih irit, lebih mantap torsinya” ..

Kalau dicermati, langkah pabrikan sayap kepak ini sebenarnya cemerlang, yaitu menggelontor Vixion dengan karakter yang sama yaitu “torsinya bagus dan irit”, namun disisi lain masih memiliki satu senjata yang tak dipunyai jagoan YIMM, yakni “DOHC engine” yang dikenal bertenaga badak.

Kesimpulan saya adalah, motor teralis Honda nanti mungkin tak segarang atau sekencang CBR150, namun motor ini dbekali karakter yang tidak main-main, yaitu
torsi mantap dan hemat BBM –> karakter yang laris
rpm atas bagus dan power besar –> karakter asli DOHC.

Layak ditunggu, seperti apa rupanya perpaduan dua point diatas..

Saiki waktune sampean sing beropini, monggo ditulis uneg-uneg-nya..(gianluigimario)

30 thoughts on “Seberapa dahsyat karakter teralis nantinya? satu opini kecil..

  1. sinbe says:

    Yg penting body kudu sekseh! Biar bs jegal si raja sport.

  2. andrewfranicohutasoit says:

    modelnya dan performa harus bagus
    kalau tidak , pasti gk d lirik
    http://andrewhutasoit.wordpress.com/2012/04/03/konsumsi-bbm-vixion/

  3. nhd says:

    Saya yakin AHM bisa menyajikan apa yang diinginkan konsumen dan akhirnya bisa menjungkalkan vixi. Belajar dari kasus Mio sporty, sebagai raja matik bertahub-tahun, toh lengser juga kalau AHM sudah sungguh-sungguh menggempurnya.

  4. awangmawardi says:

    Gak bakal bisa ngalahin vixion,apalagi gosipnya vixion di upgrade,tenaganya seperti R15 gak jauh dari cbr 150 yaitu 17hp,si trelis gosipnya pake cbr Чǝлƍ di downgrade,mngkin tenaganya jadi 14 hp/15hp.buat Ǎ̜̣̍ǎ̜̣̍ beli DOHC tapi tenaganya di bawah satria.klo Ṁ̭̈αÕ mampusin vixion ya harus pake mesin cbr mentah2 jgn di downgrade.

  5. H3 says:

    Pecinta motor sport bukan asal ngeglinding doang
    Tampilan luar + engine + handing + mileage + endurance / touring + 3S.
    ——————
    Engineer AHM terlalu PD dengan itung2an teknik di belakang meja.
    Si Tralis kaya anak pingitan yg tidak bergaul / sosialisasi & super hebat (gak ada lawan nya). Begitu brojol malah jadi kuper (bukan super) alias gak bisa bergaul / rewelan / ringkih.

    Kondisi alam di sini berbeda dengan negara lain.
    Mulai jalan mulus >> parah/ bolong2. Macet bin panas >> pegunungan dingin / tekanan rendah. Keliling komplex >> touring antar provinsi. Rider normal >> boncengan / beban berat. Pertamax plus >> bensin eceran campuran suka2.

    Vixion sudah 5 tahun & teruji (engine – frame – suspensi – mileage – handling – endurance – 3S)
    Kalo tralis gak di tempa di medan jalan raya >> cuma htung2 engineer >> kita lihat aja >> endurance si tralis bgmn….?

  6. H3 says:

    Kamsud ane, sebelum di lempar ke pasar >> test di jalan raya >> dievaluasi >> di sempurnakan lagi.
    Lha wong New CBR 150 byk yg ngeluh suara sperti Helicopter di engine. Bgmn dg spek down nya…?
    —————-
    Ane bukan Fans Boy Merk ….piss

    • iya, beberapa jg mengeluh vibrasi, transmisi kasar, dsb..
      kok bisa ya padahal motor mahal ?

      saya fans berat analisa, komparasi dan teknologi aja 😛

  7. Prabu Melaz says:

    Pertanyaan saya:
    Buat apa bermesin DOHC,kalo mengejar torsi? Bukankah Bung Luigi pernah ulas bhw SOHC lebih garang di torsi drpd DOHC?
    Kedua,DOHC tapi irit. Bisakah keiritan DOHC mengalahkan keiritan SOHC?
    Ketiga,jika si teralis berspesifikasi sama dg CBR,berarti ahm juga bisa turunkan harga CBR dong? Kalopun selisih,yaa…paling cm masalah beaya fairing saja.
    Keempat,masalah pricing. Kalo berniat head to head dg vixi,maka maksimal selisih harga adlh 2 jt. Taruhlah 25 jt. Bisakah?

    • hehe.. diskusi damai, coba saya tanggapi satu-satu :
      1. dohc jelas garang powernya, nah barangkali karakter ECUnya yang dimapping agar torsinya pun semakin baik.. meski saya sendiri berkeyakinan sohc masih yg lebih mantap kalo soal torsi imho
      2. Rasanya kalau sama kubikasi dan sama standardnya, dobel kem jelas lebih boros.
      mungkin yg dimaksud bocoran itu adalah dibanding CBR masih iritan mesin baru ini, shg mindset konsumen akan sedikit terpikat dg istilah “irit”-nya
      3.itu saya setuju, seperti di artikel cbr ckd sebelumnya,
      ” yen mesine podo yo mestine regane ora adohh ” 😛
      mungkin AHM tetap enggan menurunkan, kecuali kalo CKD nanti atau sebab yg lainnya.
      4.Kalau AHM serius, saya pikir harganya pasti bisa sama, atau nggak jauh dari si Vixion/new Vixion.
      pricing tentu sangat penting untuk kalahkan juara, selain performa dan desain..

      makasih mas sigit 🙂

    • e63 says:

      soal torsi mesin bukan soal kem dan klep deh om, tp bore x stroke. Cuman motor dohc di indo ini banyak an yg ber tipe overbore. emang g pernah (ato saya belum tau) ada mesin dohc yg long stroke.

  8. panijo says:

    Walaupun irit dan kencang kalau modelnya kurang sporty maka Vixion akan tetap jadi raja motor sport. Mas Mario, biasanya motor Honda yang ckd itu modelnya gemuk2 gitu dan gak seindah yang dibayangkan. Baru kalau motor Honda yang buil up itu baru bagus bagus modelnya.

  9. Prabu Melaz says:

    Thanks Bung Luigi,anda berkenan menjawab pertanyaan saya satu per satu.
    Wah…jadi tersanjung nih…btw,kok manggil aku Sigit? Hehehe…mmg itu nama asliku kok mas.

  10. tunas says:

    torsi minimal sama dgn vixy, tenaga hrs lbh kenceng, irit adlh hrga mati, style tergntung selera masyarakat, harga??? jgn tny sama saya wkwkwk.
    《♥p200ns♥》

  11. dave says:

    semakin stres.. haha..

Please leave a comment, thanks..