Apa sebab New Megapro tak bisa jadi raja?

New megapro, sebuah nama yang digadang-gadang menumbangkan Vixion sebagai raja motorsport 150cc di indonesia.. Namun hal itu tidak (atau belum) terjadi..

New Megapro diindia memiliki nama kondang Honda Unicorn Dazzler. Kepopulerannya disana pun segarang namanya. Motor ini memiliki performa yang cukup baik, akselerasi mantap power lumayan tinggi, serta handling yang bagus. Modelnya pun apik tenan, beberapa teman yang saya kenal banyak memuji..

Bila menilik spek mesin dari New Megapro, maka terlihat motor ini lebih menonjol torsinya, apalagi itu digapai ketika bergasing di putaran 6500rpm. Power pun tak buruk 10,1kW/8500 rpm, sama dg byson hanya saja putaran mesin lebih tinggi buat mencapainya. Ini dapat dimengerti dari tipe mesin yang square (bore x stroke nyaris sama).

Harga yang dipasang AHM ketika menggantikan Megapro yang lama pun cukup bagus, dibawah 20jt. Nilai ini sangat kompetitif kala itu, karena masih 1jt-an lebih rendah si Piksyen.

Nah model bagus, mesin dan handling lumayan, nama besar dapat, apalagi harga relatif murah.. Tapi kok gagal mendongkel si Garpu Tala?

Rasanya ini tak lepas dari 2 hal :
– Value-nya masih kalah dari Piksyon
– Kehadiran Yamaha kebo atau Byson

Value yang mana? kalau secara performa mungkin masih 11-12, namun teknologinya masih tertinggal dari si Piksyon yg  mengusung mesin Injeksi, pendingin cairan, maupun 4 valve. Lha kan output mesin tersebut, apapun teknologinya, nggak beda jauh? memang iya, namun mindset yang sudah terpatri bahwa Piksyon canggih, kemudian New Megapro yg menyusul belakangan kok kembali konvensional.. RDB dan spido digital sangat perlu diapresiasi, sayang nggak mampu menolong banyak..

Mungkin akan beda hasilnya kalau tenaga maupun torsi mesin Honda ini bisa jauh lebih mencolok, bisa jadi akan menutupi kekalahan teknologi dg kemenangan telak performa.

Kemudian kemunculan Byson pun tentu berpengaruh. Hadirnya motor yang menggemparkan secara desain meski bermesin tak istimewa lumayan menyedot pasar yang kesengsem sama ketampanannya. Pasar 150cc sport yg menurut rencana akan terjadi duel ketat, jadi terbagi tiga arah..

Maka karena kegagalannya menjadi raja, atau mengantar AHM mendominasi sport, membuat si pabrikan cari kandidat baru. Teralislah yg dipilih. Apa Raja yang gagal akan didepak? rasanya tidak, sebab penggemarnya sangat banyak (saya juga), dan sumbangan sport terbesar untuk Honda adalah dari motor ini.. so? mari wait and see aja lah.. 😀

NMP oh NMP.. bila lawannya bukan Vixion yang lebih dulu ada dan menawarkan paduan value-teknologi, bisa jadi ia sudah jadi juara.. hehe. Jelas motor bagus, mungkin saat kehadirannya yang kurang pas..
” Not the right man at The right time..”

itulah pendapat kecil saya hasil melamunkan New megapro. punya pendapat lain, silahkan (gianluigimario).

79 thoughts on “Apa sebab New Megapro tak bisa jadi raja?

  1. rec303 says:

    Laik dis yoo…

  2. vixy182 says:

    desain nya kalah keren sama kebo…

  3. Dr.Feelgood says:

    klo di honda, setahu saya pribadi walau ane bukan pengguna honda. biasanya untuk suatu produk yg diproduksi akan selalu bertahan lebih lama masa riwayatnya, dibanding non honda. sebagai contoh supra x 125 yg biasa, dan honda tiger. kecuali vario 110 yg masih berumur balita sudah disuntik mati..

  4. good day says:

    Belum mungkin gan’ mang penjualanx sikebo dh ngalahin nmpkh gan???

  5. good day says:

    Pdhl klo ane perhatikan gambar plg bawah sdh ada ratu loh dsblahx nmp gan’ ^_^

  6. good day says:

    Y blon lh gan’ mosoo dmau bunuh sodara sendiri?? Atau bagusx mungkin skalian dupgrade ajj tu mesin jdi 200cc, 6 speed, dohc gan’ gmn?? Fazer250 msk indonesia jdi scorpio250?? Mantaap kyax y gan?? Fazer250 itu deltaboxkh gan?? 6 speed?? Radiator?? Dohc or sohc gan?? Tampangx begiisss, doyan ane ngeliatx,,,,,,hehehe

  7. Arif Vixion says:

    nyomot dari blog lovemybike vixion 150cc karbu 20,5 HP 😯
    http://lovemybike.wordpress.com/2012/03/20/hasil-dyno-vixion-karbu-150-cc/ kan klw diadu sama megapro 150 cc karbu (boleh dioprek asal cc tetep) gimana? hi2 😆
    klw vixion karbu sangar bro 20,5 HP gitu loh 😈 bisa head to head sma suzuki FXR150 yg katanya >20 HP (padahal belum pernah lihat tu dynonya)… 😳

  8. redbike92 says:

    kalau pendapat saya sih soalnya NMP standare tinggi-nya pendek poll kak mario

  9. dave says:

    kayak nya mindset yg dah tertanam tentang vixion susah lepas nya..
    apa pun itu,, soal nya dah kelamaan c..
    orang tau nya motor sport 150cc yg canggih ya vixion,,
    walopun ga ada RDB..
    orang lebih pentingin teknologi nya d..
    mungkin,, imho,, teralis dateng jg lom tentu bisa tandingin neh vixion,,
    tapi ga tau jg c,, hehe..
    kita liad aja nanti.. 🙂

    • bagus mas opininya 😀
      pada akhirnya mmg TWT (time will tell) tapi opini apapun sah2 saja.. 😛

      • nanared says:

        maaf sekalian ngikut juragan 😀
        @ mas Dave
        motornya sering di”jemur” barangkali mas,jadi bodi plastiknya memuai terkena panas..dan kancingan antar bodi jadi renggang dan melenceng IMHO lho ya
        *punyaku 17 bulan masih bebas getaran body,tapi selalu diusahakan gak dijemur 😀

      • iyo mas, kalo nggak dari baut2nya kendor, mungkin vibrasi itu asalnya dari mesin..
        parkirnya jangan dipanasan ya 😛

      • dave says:

        waduh,, saia ga tau ada yg bales disini,, hehe..
        lagi buka2 arsip,, baru bisa baca,, 😀
        maklum saia ga pake email beneran.. >.<
        jadi ga tau.. 😦
        kalo soal di jemur c,,
        motor nya, saia taro di dalam rumah,,
        kalo keluar selalu malem hari,,
        jarang keluar kalo siang gt..
        itu pun jarang di pake,,
        kalo jumat sabtu minggu aja..
        dah 4 bulan KM baru 800-900an doang..
        punya mas nanared ini kok dah 17 bulan ya?
        new cbr 150 itu kan launching nya juli d,, cmiiw..
        paling baru available agustus..
        kalo sampe bulan maret ini harus nya br 8 bulan,, cmiiw..

      • punya mas nana tuh new megapro mas..

      • dave says:

        jiahh,, salah info,, haha..
        ganyambung.com -.-
        tp temen saia punya NMP jg geter,,
        mungkin ky kata mas nana: sering di jemur,,
        kalo itu mah saia ga tau gmn perawatan nya,,
        bukan punya saia,, haha..

      • coba aja berkunjung ke mas nana yg domisilinya Sulawesi Utara tuh
        bisa ketemu Red NMP-nya beliau 😛

      • dave says:

        bused,, jau banget,,,
        ga d,, makasih,, 😛

      • berkunjung ke blognya aja lahhh 🙂
        pasti disambut kok 😀

      • dave says:

        kalo ke blog nya mah oke lah..
        kalo disuru ke sulut mah jau,, haha..

    • dave says:

      sep,, btw imho,,
      motor nmp itu kok ky nya gampang getar ya body nya,,
      motor honda doang yg gt ato semua motor gt ya?
      jadi kalo di tahan di rpm 5-7rb itu berisik banget body nya,,

      • mungkin itu mmg salah satu kekurangannya..
        apalagi kalau banyak pengguna lain yg merasakan serupa.. 😀

      • dave says:

        kalo motor laen gt jg ga c mas?
        motor vixion punya mas kerasa geter ga c?
        terutama di bagian headlamp, speedometer, ya daerah situ lah..

      • yang saya alami sampai sekarang, nggak mas.. gak tau kalau pengendara yg lain 🙂

      • dave says:

        owh gt ya,, padahal motor saia jg geter,,
        sampe tempat duduk nya jg,, ckck..
        kira2 napa tuh ya?

      • kira-kira yah..
        imho dari vibrasi mesin mmg begitu..
        dulu yamaha FIZR atau crypton pernah dikasih label “bebas getaran”masih inget?, mungkin mulai masa itu yamaha lumayan minim getarannya..
        ini pendapat saya saja, mungkin bisa dikurangi dg seting mesin taoi mungkin kalau bawaannya gitu ya susah 😀

      • dave says:

        awal2 ga gt bgt,, geter tapi wajar..
        setelah servis pertama,,
        ga lama getar nya ga wajar,,
        ya emang vibrasi mesin,,
        gmn cara ilangin nya ya?
        dah di servis kedua,, dah di bilangin,,
        tetep geter.. -.-
        saia kira itu gara2 terlalu geber mesin kah?
        *maka nya kemaren tanya kalo sering ganti gigi di rpm 10rban np2 ga gt..

        kalo soal motor2 jaman dulu saia kurang tau,,
        baru ikutin motor baru2 ini aja,, hehe,,
        itu jg ga ngerti banyak,, cm gt2 aja.. 🙂

      • apa baut-bautnya udah kenceng semua mas?
        mestinya komplainnya lebih diperjels dan biasanya servisnya tuh ada garansi 3 harri atau berapa km kalo disini.
        jadi kalo masih geter ya balikin ke beres-nya..

      • dave says:

        jiah,, telat info nya mas,,
        jadi servis gratis itu jg ada garansi nya ya?
        waduh saia ga tau,,
        itu kejadian nya 2 minggu yg lalu,, 😦
        yahh,, telat d..

      • bisa jadi tiap bengkel mungkin beda peraturan.
        sampean tanya aja.
        biasanya gitu kok, paling tidak untuk Vixion saya.. hehe

      • dave says:

        ok nanti saia tanyakan kalo sempet,,
        besok kan tanggalan merah,,
        sapa tau tutup.. 😀
        males jg ke tempat servis,,
        musti pagi2,, kalo ga rame,, tapi ngantuk.. ~_~

      • iya paling males sama antrinya 😦

      • dave says:

        saia dah dateng paling pagi,,
        bahkan sampe belom buka tuh bengkel,,
        dapet no 1,, tp tetep aja lama,,
        bebek di duluin,,
        kynya sedikit montir yg mo oprek motor ky cbr itu,, -.-

      • wah padahal baiknya kan sesuai antrian, atau FIFO (first in first out) hehe..
        mungkin nggak semuanya terbiasa, namun kepala mekaniknya pasti bisa 😛

      • dave says:

        ya,, dikerjain nya c emang duluan,,
        jadi misal nya ada 5 montir,,
        montir pertama dateng kerjain matic,,
        kedua dateng kerjain bebek,,
        ketiga dateng kerjain apa gt,,
        nah yg biasa nya kerjain motor sport dateng nya siangan..
        jadi kebagian nya siang,, sama aja toh?
        itungan nya tetep pertama c,,

      • kalo gitu telpon/ minta nomernya, tanyain jam berapa datengnya biar pas..
        di Yamah beberapa kali saya dpt/dikasih nomer sama mekaniknya 🙂

      • dave says:

        bukan kah terlalu ribet kl ky gt?
        saia lebih suka diem aja,,
        tunggu giliran,, lama dikit gpp..

      • yah emang sesuai selera sih..
        kalo saya sih paling nggak sabar antrinya 🙂

      • dave says:

        saia jg ga suka nunggu2in gt,,
        males ngangtuk,,
        tapi ya gpp lah beda dikit doang,,
        hehe,, ok d.. thx saran nya..

  10. Kupaw says:

    mega pro modelnya kaku, tapi untuk performance ya lumayan, gwa dah sering touring surabaya bali naik megy, mantab dah, tapi kalo parkir jejer byson minder gwa.

  11. pikson unggul krn teknologinya ….. juga lihat pwr nya ……. ini impian anak muda , dnh harga yg rasional dipadu teknologi injection serta body yg ramping menjadikan motor ini merajai sport 150 cc.

  12. Adhitya Ramadian says:

    maybe next time

  13. melamunkan nikita mirzani aja mas :hammer:

  14. nanared says:

    ochee pak bozz
    *syukuri aja apa yang ada*

  15. Over Gear says:

    kalo tralis brojol dengan desain bagus dan harga dibawah 25jt, bisa diperkirakan kalau nmp dan tiger juga langsung tewas, tidak hanya vixion dan byson.
    Padahal kalo tralis memang tujuannya jadi vixion killer range harganya mesti dipatok sama atau malah kurang dengan berbagai kelebihan yang dibenamkan.
    misalnya si tralis dipatok 21jt. dengan sendirinya nmp langsung sekarat :mrgreen:

  16. jnakawara says:

    kurang jampi jampi kang.. hehe

    mampir sodara sodara…

    Angker..!!! Aura ‘Tiger Nose’ pada Mio ‘GT’..

  17. jnakawara says:

    saya cilacap mas.. lagi meranto di depok, jabar..
    kalo sampeyan?

  18. Redribbon Army says:

    @dave: alhamdullilah kebo q tidak ada gejala getar sama sekali… kayanya nmp getar Itu uda dari sananya bro… tipis plastiknya dan engga tahan panas.. jadi mleot…(produk honda rata 2 yaa gitu bro) solusinya ganjel pake selotip spons bolak balik… manjur buat supra x saya…

  19. white vario says:

    kalau ga ada vixion ahm ga akan sadar,ga akan keluar si trelis
    Biar deh atpm2 jepun pada perang harga,value,teknologi,fitur,desain,irit,awet yang penting kita sebagai konsumen yang diuntungkan,jangan mau kalah sama india ,konsumen sport udah jenuh dikasih produk ala kadarnya,saatnya kebangkitan era sport,masa skutik ma bebek terus sih udah basi,bosen,gak menarik buat gua
    Hidup motorsport !

  20. Dian says:

    Mega pro tu keren kok. Bawak nya gagah. Trus irit. 🙂

Please leave a comment, thanks..