CBR dan Vixion : antara motor keinginan dan kebutuhan..

Selalu ada dua motif utama yg mungkin mendasari kita saat mau memiliki sebuah kendaraan.  Katakanlah sepeda motor..

Pertama, fungsi sebuah kendaraan adalah transportasi. Alat untuk berangkat kerja, kuliah, mengantar sekolah, turing dsb..

Berikutnya, bisa jadi untuk lifestyle. hehe
maksudnya semacam gaya hidup atau gengsi lah 🙂 (nyari cewek masuk nggak ? 😛 )

Atau tujuan balapan ya??? bisa saja ..

Ada juga yg untuk mencari uang, misale jualan motor bekas ,showroom,  dsb.. :mrgreen: dan tujuan lain yg semacamnya tapi belum terpikirkan hehehe

sekarang bolehlah saya kumpulkan menjadi dua garis besar, yaitu tujuan karena kebutuhan dan tujuan karena keinginan.

Kalau sekedar kebutuhan, imho biasanya nggak seberapa mahal. Katakan untuk kerja, kalau tak jauh amat ya matik mungkin cukup. apalagi mengantar anak sekolah 🙂 kecuali mau buat anak sekolah se-RW, yah kudu minimal motor gerobak :mrgreen:

Beda lagi kalau agak jauh tempat kerjanya.. mungkin motor laki menjadi kebutuhan, karena lebih nyaman dan tidak capek cmiiw. atau untuk turing jarak jauh, tentunya pake matik atau bebek biasa lebih melelahkan..

Bila kita mulai ke ranah keinginan, maka batasan dan pilihannya menjadi sangat luas, bisa jadi langit adalah batasnya 🙂 . Misal saja kalo buat gengsi, wah barangkali satu motor tak cukup, perlu dua, tiga, dsb.. Vixion pun nyaris dipastikan belum cukup buat gengsi, perlu Ninja 250, Harley davidson, BMW, atau YZF R1.. wkwkw langit batasnya kan?

Seperti penulis ini. Pertama untuk kerja SupraX 2004 cukuplah sekitar 22km pulang pergi kekantor (KEBUTUHAN).
Kemudian pengin ganti Jupiter..(ini KEINGINAN).
Nah setelah seringkali dolan ke luar kota, malang, mojokerto dan sekitarnya rasanya perlu motor laki biar lebih nyaman..Vixion pun dibeli (KEBUTUHAN).
Saat ini, karena banyak motor baru, jadi pengin CBR wkwkwk (KEINGINAN), tapi belum keturutan :).

Yah menurut saya sih yang pertama diutamakan ya kebutuhan dulu. Cukup, ya sudah berhenti, hehe. Keinginan adalah perkara lain. Kalau memang punya dananya, ya silahkan turuti tuh keinginan.. Nggak punya? baiknya nggak memaksakan diri. :mrgreen:

Kecuali satu : Keinginan yg sudah menggebu, trus nggak keturutan bisa stress.. 😛
Haduww kalo ini mah, biar uang  pinjem saudara kan mending beli aja daripada jadi beban pikiran.. 🙂 entar makan tak enak tidur tak nyenyak hehe

Nah bagaimana dengan motor sampean? sudah sesuai kebutuhan, atau sekedar memenuhi keinginan? Sampean sendiri paling tahu jawabnya..
Monggo.. (Gianluigimario)

Advertisements

51 thoughts on “CBR dan Vixion : antara motor keinginan dan kebutuhan..

  1. REC*303 says:

    Motor saya sudah memenuhi kebutuhan sekaligus keinginan yaitu CS1. Kencang mesin CBR125 tapi ya konsekuensi rakus pertamax+

  2. motor saya hanya thunder mas browww
    ya meskipun tidak sekenceng dan segagah vixion inysA sy tetap bersyukur.
    mau ganti Vixion ato CBR masih belum kepikiran soalnya sibiru sudah lebih dari cukup dan hasrat untuk ganti motor belum ada

  3. hemmm….
    ya kalo ada rizeki lah mas broww

  4. ridertua says:

    Pengin ganti pacar…??? [kemungkinan]… :mrgreen:

  5. kharis27 says:

    Syukuri yg sudah ada aja deh (blum bisa beli motor sendiri) hehe

  6. pramana says:

    Cukup mas bro. Walopun mx bekas kakak dan stang sudah di bengkokin dengan jalan las, yah, syukur masih bisa nyaman+kenceng. Ga enak sih cuma pegel kalo jalan nya jauh sama bensol boros

  7. nhd says:

    Menurut saya keinginan itu memang tiada batas tapi tetap bertahap sesuai kemampuan yang masih mungkin kita jangkau. Misal, pada saat kita baru bisa beli motor seken, kita ingin bisa beli motor baru dari dealer sehingga bisa merasakan perlakuan terhadap motor sejak awal meskipun hanya bebek entry level. Berikutnya akan meningkat di kelas yang lebih tinggi, tetap dengan perhitungan yang masih mungkin bisa dijangkau meski perlu perjuangan berat, tapi masih dalam batas mungkin untuk ditempuh. Sehingga tidak mungkin, IMHO, orang baru bisa beli bebek entry level lalu ingin Ducati Diavel, karena mikir saja sudah gak sampai. (Ra teko mikir) piye golek duwit atusan juta trus mung gae tuku mongtor.

  8. endel says:

    Artikel ini bagus banget….. Keren

  9. H3 says:

    Ada 2 pilihan masbro :

    1. Kendaraan untuk (menunjang) kerja
    2. Kerja untuk (memenuhi hasrat) kendaraan.

    Pilih yg mana bro…?

  10. ariipod says:

    alhmdl, bro. sy udh keturutan ngandangin allnew cbr. motor yg dr dl, yg namany bikin ngiler sedari sekolah.., trnyt u harian, cukup nyaman, jauh dr kekawtiran saya. BBM dapet 45km/l, lumayan irit. doain, next step, lg nabung u istri, allnew jazz pgennya, tp msh jauh, heheheehe..,

  11. Banyak perlakuan yang kita lakukan adalah keinginan dari dalam diri kita, bukan menurut kebutuhan. Kebutuhan tidak serakus apa yang dilakukan oleh keinginan. Keingnan akan menghantarkan jiwa pelakunya ke fantasi yang ia sukai dan imajinasikan. Berbeda halnya dengan kebutuhan, yang selalu ujungnya ada kebosanan karena seringnya kita menakar segala keperluan kita.

    Keinginan dan kebutuhan nyaris tidak ada perbedaan. Yang satu bekerja berdasarkan naluri, sedangkan yang satunya lagi bekerja berdasarkan logika. Orang yang pandai biasanya akan memadukan ke-dua2nya untuk melakukan semua kegiatan dalam hidupnya. Dalam istilah lainnya, jiwa dan raganya bersatu padu, Yin & Yang, dan semacamnya.

    Maka, jika makan dan minum adalah kebutuhan, kita pun harus punya hasrat alias keinginan untuk melahap makan dan minuman tersebut. Sebab manusia sejujurnya sudah bosan akan makan nasi putih dan air putih, tapi mereka pandai, dengan memberi bermacam cita rasa dari laup pauk, maka hidangan menjadi lezat dan ingin rasanya menyantap.

    Jiwa manusia tidak dapat dibohongi, jiwa mereka tentu tidak akan pernah puas karena telah menyantap hidangan tadi. Tentu, manusia tidak mampu melahap makanan dan minuman lezat tadi setiap saat. Sudah barang tentu, kebutuhan dan keinginan harus berjalan selaras. Insya Allah harmoni kehidupan akan diraih. Bukan begitu bro? Yang penting harmonis hidup ini 😀

    • wuihhhh 😯 HARMONI..
      pada intinya saya setuju sekali mas doddy, pandangan sampean bagus sekali.. 🙂
      kita mencari yg terbaik dan kompromi keduanya alias harmoni.
      ckckckck saya tadi nggak kepikir kr situ bro 🙂 thanks

  12. @Biker Indonesia Sejati: Syukuri motor yang ada. Motor adalah anugerah yang indah. Jika ia kotor padahal motor, maka ia akan tampak seperti motor tak berguna, dan membosankan. Motor bersihlah yang selalu lekat di hati dan menghantar kita kepada keberkahan hidup. Keep Clean!…. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Cmiiiwww

  13. dave says:

    beli mobil aja,, 😛

  14. Mas Wiro says:

    Waaaaa…
    Pingin sihhh…
    Tapi, paké yang ada dulu 😀

  15. ax125 says:

    Ganti FXR150 aja mas…harga terjankau,gaul,Kencengggg….

  16. sang says:

    gak tw ini kebutuhan atau keinginan, mw ganti yang baru udah tua udah gak kinyis”, mash tangguh tp udah gak segarang dulu dan minumnya lebh banyak

    • kalo sudah jadi tuntutan/keharusan, barangkali sudah disebut kebutuhan..
      kalo masih lancar dan nggak ada gangguan meski nggak ganti, : itu keinginan 🙂
      cmiiw

  17. black vega says:

    motor gua new vega r bos,meski belinya seken dan lagi gak beruntung dapet yang bobrok,mulai dari home steer oblak sampe yang paling parah blok mesinya rompal,tapi selama ini tuh motor udah berjasa banget ma gua menemani masa sekolah gua yang super sibuk,dan makin hari makin sayang dah ma motor pertama gua
    Tapi bentar lagi harus gua relain buat dilego ma ortu karena udah ngabisin banyak duit buat perbaikanya

  18. CYS_BLACK says:

    klo kebutuhan ane dh ada cs one yg dirasa dh cukup buat mondar mandir bekasi jakarta stang nyaman speed lmyan lah 140 an

    tpi berhubung ngiler ngliat pnmpkn ninja 150 rr bru aduh jdi ngebet gan …(keinginan)
    😀

  19. reader says:

    Bebek 110cc sudah lebih dari cukup…jarak tempat kerja ane PP 10km
    Pengen naek kelas laka duite 0m.. 😀

  20. Dr.Feelgood says:

    wah cbr klo ane gk kesampean mas xixixi…… 😀 bebek aja ah, biar ngirit tpi tetep bisa bergaya dan bisa sedikit dibawa jarak jauh juga tetep uenak heheh…

  21. aankrooster says:

    Motor saya masih Vega R 2005
    dan itu motor pertama saya..
    Dulu sblm punya motor,,kepengeeeen bgt punya motor.. Tp Alhamdulillah kesampaian jg..
    VEGA R “Menjawab Impian” 🙂

  22. Anonymous says:

    Masbroo,,,, saya ♍ά̲̣̣̣̥ υ̲̣̥ tanya kalo ninja R 150cc untuk thn yg akan datang 2013 pake karburator āþªª pake injection,, mohon bri tau ya masbroo…….

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s