Apa benar Honda bakal mengeroyok Vixion?

saya tertarik dengan beberapa artikel blogger papan atas mengenai AHM dan sport-nya tahun ini. Pak Tua bilang petinggi si sayap mengepak ini sangat optimis menguasai motor sport, trus mas IWB membocorkan kalau akan ada 2 motor sport Honda tahun ini, atau berita mas taufik dulu, juga mas Eko Deby yg menganalisa strategi seperti apa yg sedang dilancarkan dan akan dijadikan senjata utama meringsek pangsa motor sport tanah air..

Saya pribadi merasa nggak ahli dalam menerawang dan membuat analisa seperti mereka para senior, tapi kalau sekedar membuat prediksi dan analisa kecil yang (bisa jadi) tak berbobot, saya bisa..

Maka diartikel ini saya akan menulis mengenai Honda dan dua (versi kang IWB) motorsportnya. Masih (dan selalu) hanya sebuah tulisan kecil..:mrgreen:

Mungkin, semua berawal dari kedigdayaan Vixion yang membuat gerah pabrikan sayap mengepak ini. Semenjak peluncurannya, (relatif) pelan tapi pasti Vixion menancapkan kuku secara dalam di blantika sport Indonesia. Dengan adopsi R15 yang disunat jadi 5-speed serta  ditelanjangi sampai naked, langsung mendapat sambutan meriah dimari. Apalagi saat itu (saya lupa berapa pastinya) harga yg dipatok YMKI sangat bijaksana, 17-18juta cmiiw. Kala itu (2007an) an ya, motor dengan teknologi injeksi dan liquid cooled serta 4valve dihargai segitu cukup mencengangkan, apalagi dengan impresi beberapa blogger yg testride secara umum terkesan.. Pelan, tapi pasti satu persatu penguasa terdahulu dikudeta.. Tiger, dan motornya lelaki MegaPrimus (eh, megapro), dipaksa turun tahta..

Singgasana yang direbut melayang hingga kini.. Bagaimana AHM tidak kebakaran jenggot?? bermacam serangan balasan diguyurkan.. Tiger jelas tidak berpotensi merajai lagi (karena kelas 200cc), dan sibuk bersaing dengan Scorpio, si lawan tandingnya.. Maka Megapro-lah yang diplot jadi ujung tombak untuk mengembalikan penguasaan motor lelaki yang dulu digenggam. berbagai pembenahan ditanamkan, dibenamkan, dan difokuskan untuk mendongkrak megapro. Promosi iklan juga tak kalah gencarnya.. Sampai akhirnya AHM banting setir ke startegi lain, Megapro dimetamorfosa dg mesin dan desain baru mencomot dari Negeri Shahrukh Khan,  aka Honda Unicorn CB Dazzler. Memang di sono-nya, kuda besi ini luar biasa menjanjikan dan diterima dengan sambutan yang bagus oleh konsumen india. Maka tertarik untuk mengulang kesuksesannya di Pasar tanah air, si Dazzler resmi menggusur dan melengserkan Megapro (lama), dan memakai namanya yg legendaris menjadi New Megapro, dengan citarasa india kental tentunya..

CB Dazzler memang kesohor di India, dan mendapat penilaian ekselen. Disini pun demikian.. yang pernah test ride, nyaris pasti mengunggulkan handling, akselerasi, impresi, dsb.. dua jempol lah pokoknya.. Bakal jadi penggusur Vixion? eits tunggu dulu.. rupanya mendongkel Penguasa tak semudah membalik buku catatan hehe. Vixion masih awet. Apalgi Yamaha juga turut mendatangkan FZ16 yg dikasih nama Byson untuk menandingi si Dazzler atau NMP. Memang secara impresi mesin atau power masih dibawah NMP dan Vixion, namun Tagline Gagah dan modis cukup untuk mendapat kan simpati pasar beberapa persen. Bukan juara memang, tapi Byson cukup buat membendung agresi NMP meruntuhkan Vixion. Maka singkat kata, karena faktor value vixion yg masih belum tertandingi, dan keberadaan Byson adiknya (dan beberapa faktor lain :)), Honda masih belum berhasil meraih kembali sabuk juara yang beberapa tahun sebelumnya jadi langganan melingkar di sayap mereka.. gigit jari lah ceritanya.

Nah dengan kemenangan di sektor skutik dan bebek tahun kemarin, Si sayap kepak mengusung  taktik lain di kelas sport untuk tahun 2012. Gempurrr!!! Kalau mas IWB benar bahwa Honda mau mempersiapkan dua motor sport, maka Vixion jelas bakal ditawur. Namai saja dua produk itu Si teralis dan Si likuid kul (mengacu kata bocoran atap mas Iwb yg berpendingin cairan). Katakanlah NMP sudah punya pasar 25%, maka kalau digerogoti dg dua (calon/isu) jagoan baru 2012 tersebut, penguaasan Vixion jelas terganggu, dan total pangsa Yamaha disini pun ikut tergerus.. Apalagi bila value yg ditawarkan setara Vixion, dg harga (yg katanya) lebih rendah.. waduw nggak cukup satu, langsung dua pula.. alamat babak belur Piksyen. Belum lagi isu motor lainnya semacam P200NS yg pasti menyedot pasar, berapapun besarnya

Turun tahtakah si Vixion??? Vixion nggak tinggal diam. update sedang disiapkan dan bisa jadi Sang Raja tetap meski prosentasi tersedot. Maka secara umum, dg banyaknya varian yg value-nya bagus sangat mungkin Honda bakal menguasai total motor sport. Melengkapi sabuk juara skutik dan bebek yg terlebih dulu sudah diraih.. Ini mirip dengan kronologi Mio yang (tagline-nya) “otomatis duluan” menjadi raja, kemudian lengser dan honda mengambil alih total pasar. Kondisi tahun kemarin malah Beat sudah nyaris menjungkal Mio dari singgasana..

Nah apakah benar begitu? time will tell. Juga bergantung produk dari Honda itu sendiri, kalau canggih namun mahal, mungkin skenario diatas gak terwujud. Namun jika benar si teralis atau si liquid kul bakal fenomenal dan harga dibawah Vixion, bisa jadi tak hanya total penjualan yag dimenangkan Honda, Vixion pun akan terkudeta. pantaslah kalau petinggi AHM optimis, seperti kata pak tua. Ini pun dipengaruhi juga seberapa hebat update vixion nantinya meyakinkan konsumen tanah air..

Rame betul ya? kita nikmati saja persaingan sehat itu.. toh kita juga diuntungkan dengan semakin wah-nya fitur yg ditawarkan para pabikan tersebut,, ya tho??? Pilih Vixion update atau Teralis, atau si likuid kul? atau P200NS hehehe semua terserah panjenengan..😀

Terimakasih untuk atensi atas artikel kecil tak berbobot ini, Monggo dishare pendapat sampean.. (gianluigimario)

36 thoughts on “Apa benar Honda bakal mengeroyok Vixion?

  1. ngralat judule wae…. maksude mengeroyok kan?😀

  2. scnk says:

    menurut saya sport AHM brojol paling banter mungkin ahir tahun atau awal 2013..soalnya metik n bebek AHM sedikit terancam dengan kehadiran fino mio j dan new mx

  3. vixy182 says:

    sperti biasa…ymh ngeliat tetangga dulu…baru bertindak update …

  4. c-seratus says:

    hmmm… Kajian yg menarik..
    Mgk kalau bisa ditarik intinya, dari persaingan H dan Y ini…’inovasi adalah esensial dalam bisnis’.
    Bisnis cenderung stagnan jika pelaku bisnis tdk melakukan ‘terobosan’, bisa berarti menawarkan produk baru ataupun sistem (yg lbh efesien dsb). Mempertahankan (sustain) inovasi mgk bukan hal mudah direalisasikan. Akan menemui tantangan sektor ‘cost’, ‘visi’, termasuk ‘R n D’. Contoh: Honda dulu menawarkan sport bermesin 4 langkah, ketika kompetitornya bertahan di 2 Tak. Setelah itu, perkembangannya hanya melibatkan perubahan body, tanpa banyak menyentuh sektor mesin. Penyempurnaan (yg berarti efesiensi biaya, riset yg lbh murah, visi lebih dominan ‘apa kata penjualan’. Yg penting terjual), dilakukan perlahan (Kaizen) saat pasar memang masih merespon positif. Namun tidak signifikan lg keunggulan ‘yg dipertahankan’ terlalu lama tsb, ketika kompetitor, Yamaha, melepas sport berbasis teknologi (inovasi) yg lebih maju, sport honda scr signifikan kehilangan volume pasar. Jk kasus dibalik, terjadi jg pada Mio, yg berhasil mengail timing yg tepat, melempar pasar dgn matik dari brand kuat berharga terjangkau, setelah sblmnya publik ‘diedukasi’ mengenai matik oleh Kymco. Yamaha menikmati keuntungan luar biasa dari matik first entry nya tsb, tetapi spt mengulang honda dgn sport nya, inovasi spt ‘stagnan’, hanya menyentuh body (type berbeda, mesin sama), striping dst non mendasar. Spt memberi nafas kompetitor menanam bibit masa depan melalui produk yg unggul fitur (ada yg menilainya sbg gimmick semata) dan beragam type yg tdk dimiliki Yamaha. Suka tdk suka, porsi matik yamaha tergerus jg.
    Adalah keniscayaan, ketika pasar Honda tergerus dahulu, ada yg hrs bertanggungjawab. Tjd perubahan internal Honda (AHM), yg menganti top managemen, sblm akhirnya profil perusahaan mjd lbh ‘open minded’. Perubahan top managemen di Yamaha jg tjd, demi postur yg lebih sigap merespon dinamika pasar aka inovasi berkelanjutan. Saat ini tampaknya Honda belajar dari perang dlm pasar matik. Utk kelas sport, ditawarkan inovasi yg meningkatkan ‘value’ melalui bbrp produk sekaligus, artinya ‘market share total’ dikuasai dgn memberikan pilihan lebih luas pd konsumen (mirip vixion-byson, tp lebih banyak). Diikuti dgn produk ‘minor change’ yg waktunya lebih rapat. wahh…jadi ngelantur…xixixi…maaf kepanjangan.

    • analisa yg luar biasa mas😀

      geleng-geleng kepala ane membaca kedalaman pemahaman sampean akan yg terjadi antara Honda dan Yamaha.. salut ..🙂
      kalau dijadikan satu artikel, wah bisa jadi melebihi tulisan saya mas😛

  5. mungkin memang keroyokan adalah strategi honda untuk menjungkalkan yamaha.
    sudah terbukti di segmen matik…
    sekarang coba diterapkan di segmen sport..

  6. c-seratus says:

    halaah… hehe:mrgreen:

  7. dara says:

    Di warung Mbah Edo.. baisen dah unjuk gigi . makin mendekati NMP.. selisih tinggal 3 persen

  8. bimo96 says:

    apapun isu nya…yg penting FU slalu di hati saya😀

  9. Joko says:

    Mantab…sangat berbobot.ojo merendah mas bro…

  10. harisupriono says:

    muanteb dan berisi…….kalah secara head to head, jalan satu-satunya ya digruduk……..cuma kang Rambo yang bisa menang walopun dikeroyok…….Cmiew…….

  11. Dr.Feelgood says:

    modal besar, infrastruktur perusahaan memadai, lini setiap stakeholder dari manajemennya masing2 sudah wokeh, produl yg ditelurkan apapun selalu laku walaupn titik2 ah cari tahu sendiri aja deh soal yg satu ini:mrgreen: tar ada fbh marah2 xixixi:mrgreen: .

    analisa saya pribadi, dan hasil dari cek mengecek dari berbagai media blog, saat ini dan untuk masa yg akan datang, honda akan menggerok mengeroyok habis2an semua produk dari semua merk kompetitor dari semua tipe, salah satunya dgn jurus yg saat ini dipakai pada vario sutekno yg baru. . saya cuma bisa geleng2 kepala mas:mrgreen:

  12. Ach Zacky M says:

    ikut membaca saja, klo udah di akhir gini udah masuk semua analisanya.. opo mane baca comentnya c-seratus, analisa dari awal sampai akhir bukan hanya produk tp prabrikan… siiipp kabeh

  13. Arief says:

    Ane nunggu Teralis gan..
    kapan rilis nih motor, ane ngebet banget..
    kabarin ane kalo udah rilis yak ???!!!

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s