Iseng saya ingin membandingkan Byson dengan kakaknya, si Piksyen.. Mencoba membandingkan secara asal-asalan aja nggak serius serius amat. Sudah sering saya meng-kompare antar saudara, dan dua kakak adik ini bolehlah ambil giliran.. Piss 😀
*gambar dari mas rosso99
Di kompare segi apa aja? ya terserah.. mulai aja dari desain ya 😀
kalau merujuk tentang bodi, maka secara umum byson lebih unggul cmiiw. desain bison kekar dan gagah, sedangkan abangnya agak cungkring dan ramping. Hal ini diamini oleh YIMM yg memang secara khusus menyatakan kalau si kebo itu “buat yang nyari sport modis” cmiiw. Sebenarnya hal ini buat saya relatif saja, meskipun memang kebanyakan kalau dipolling menyukai desain bison misalnya, namun sebenarnya vixion pun tak kalah hehehe. Untuk yg tubuhnya kekar atau tinggi besar jelas Byson pantes tapi kalo yg relatif “kecil” rasanya desain Vixion lebih pas.. cmiiw
Lanjut ke engine. Di bagian ini, rasanya secara data sulit dibantah bahwa sang kakak sedikit lebih superior. Baik dari sisi kecanggihan ataupun performa. Si kebo mampu memuntahkan tenaga 13.6PS dibanding Vixion 14.9PS. Untuk torsi si kakak sedikit tertinggal setengah Nm, yaitu 13.1 vs 13.6.. Power to weight ratio rasanya Vixion masih lebih galak cmiiw..
Nah soal handling bila merujuk dari sasis tentunya Vixion sedikit lebih baik dari sang saudara mudanya. Deltabox kan terkenal kemantapannya cmiiw. Namun bila melihat bobot byson yang 12 kilo lebih berat (125 vs 137) mungkin kalau untuk turing dia lebih anteng cmiiw.
Harganya gimana? karena secara power atau teknologi selangkah didepan ideal rasanya jika Vixion dihargai lebih mahal.. bisa jadi terpaut 1 jutaan.. tapi kalo urusan inden mungkin Byson lebih panjang imho cmiiw.
Bila parameternya adalah penjualan, maka Vixion unggul. Byson masih di peringkat 4 dibawah NMP dan ninja150 sedangkan Vixion stabil di puncak, dg marketshare sekitar 36 % cmiiw. Mungkin memang dari YIMM-nya byson tidak digadang2 terlalu muluk, cukup buat memecah sales NMP. Kalau harus mendongkel si kakak rasanya susah.. hehe imho
Pilihannya? wah tergantung kebutuhan konsumen, namun tak ada salahnya untuk mengikuti saran Yamaha ” kalau mau Desain gagah pilih Byson, mau canggih ya lirik Vixion”. Performa? mungkin 11-12 lah hehe. kalau mau performa yah ada produk lainnya, yaitu scorpio.. 😀 ini pendapatnya Yamaha loh hehe..
Nah.. suka yang mana??? boleh yang mana aja asal rukun.. kan masih saudara (gianluigimario)
Byson cenderung oversquare, kalo viksion tenaganya dari bawah udah terasa ngisi sampai putaran atas namun cepat ngeden ( apa ya bahasa indonesianya). Untuk anteng2an ngegas lebih enak CS1 saya nafasnya panjang…
wekeke dua-duanya kalah anteng sama sampean ya mas.. 😀
saya akui mmg putaran atasnya Piksyen agak gimana gitu, hehe
Viksion enak buat harian karena cukup buka gas dikit aja udah terasa powernya dan cukup irit, berbeda dengan CS1 yang kudu urut gas agak dalam kisaran 7500-10000rpm untuk merasakan sensasi jambakan setan namun konsekuensi lebih boros pertamax+ padahal cc lebih kecil daripada vixion maupun bison
artinya tiap kelebihan memang punya konsekuensi ya..
tapi mantap tuh rpm atasnya cs1 , jadi pengin coba.. 😀
Lebih enak vixion kalo buat harian
oke setuju mas 😀
bagus kabeh seh wehehehehe
punya kelebihan masing-masing 😀
pilih blazer aja? hehehe
scrpio aj mas wlw monoshock ambles wkwkwkwk
iyo bener mas kalo perkara performa mah Scorpio unggul.. 😛
Vixion punya iparku lumayan galak juga sih. Aku boncengan sama istri masih bisa 120 kpj (knalpot nobi trioval)
wew,, boncengan masih kencang 😯
Kalo perbedaannya sudah disebutkan Bang Gianluigi, kalo menurut ane persamaan antara vixion dan byson adalah sama-sama bukan motor bebek 😀
waduw.. substansial sekali ya persamaan yg terlewatkan oleh saya 🙂
thanks udah mampir mas 😀
Byson di jadiin supermoto ajib tuh! Kalo vixi, di modif, cungkring kliahatan nya. Kalo overall saya soh BYSON! KEBO!
wokeh mass.. byson memang keren tampilannya.. 🙂
ya mending vixion dong lebih keren dan uenak e tenan mas heheh….. 😀
hehe.. terlihat demikian, namun tentunya si kebo juga punya kelebihan.. 😀 piss
wah jadi inget ama RX-King ama RX-Special, duo mautnya Yamaha tahun 80-an hehehe
–jangan2 vixion laku gara2 harga Byson nempel tipis, jadi dengan nambah duit 1 jta udah dapet Fuel Injection– pendapat saya sih hehehe
wahh.. ada benarnya mungkin, tapi kan vixion sudah nomer satu jauh sebelum Byson lahir mas felix 🙂
thanks kunjungannya..
Wah dah Terlanjur vixion nih lumayan kalo buat dipake harian mah
memang cocoknya Piksyen buat harian mas kharis..
sosoknya byson tuh kayak touring, hehehe.. imho
hehe tp banyak juga yg vixion nya di rubah kyak sosok turing
iya sering liat..
cuman bobotnya, atau desain stangnya imho lebih diperuntukkan turing si Kebo..
kalo Piksyen mah gak masalah juga, sudah sering saya pake jarak ratusan kilo kepantai selatan hehehe
asik ane paling jauh ga mpe ratusan kilo meter sekali jalan .,.,.,.,
kalau gresik- pantai balekambang malang +-180km, pp 360km. gresik-bromo pp +-300km juga..
agak capek mas pake Piksyen, tapi oke-oke saja 😀
menurut saya vixi Itu agak lambat diawal, kenceng ditengah.. dan lambat lagi diputaran atasnya alias ngeden dibandingkan byson… sedangkan byson dr awal 0-100 uda kenceng plus cepet banget naeknya Tp atasnya lambat… (kira 2 diatas 100 kpj) nah Klo bahas buat touring masi enak byson.. karena posisi duduknya enak ketimbang vixi yg njengking (feelnya byson mirip 2 naek tiger)..vixi jua bikin pegel di tangan apalagi bawa penumpang… Jd nambah beban ditangan… not recomended ke luar kota + goncengan… buat harian baik vixi atau byson 22nya enak… Tp untuk saat ini saya pribadi prefer ke bysonnya karena suara byson diputaran bawah (dibawah 5000 rpm) sangat enak didenger..halus,dan serasa ada suara zzzwiinggg …drpada vixi yg bulet,berat,keras (mirip suara fu) padahal suara R 15 Itu suaranya mirip 2 byson ketimbang vixi. .. yah Klo yg ini pendapat pribadi sih.. hehehee
mungkin memang demikian.. wah wah sampean hapal betul ciri keduanya mas 😯
bisa jadi karakter Byson tersebut karena spek torsinya mantap namun powernya inferior dari Piksyen yah..
kalo buat turing kayaknya enakan Byson emang 😀
thanks mas ..
tetap pilih vixi krn sesuai postur saya 🙂 …kalo top speed atas lambat wajar lah dengan spek segitu ..lagian ga dipke gas poll trus tiap kali jln..
wah proporsional mas sama kita-kita.. 😛
Kbanyakan cmiw ama imho apa sih?
cmiiw= correct me if i’m wrong /betulkan saya kalau keliru
imho= in my humble opinion / dlm pendapat saya
maaf, sampean belum tahu atau tidak nyaman dengan tulisan saya 😛
kalau sering baca di warung lain semacam TMCblog,cafebiker, dsb istilah tersebut cukup sering dipakai 🙂
yup keduanya memang menawarkan pilihannya, gaya dan fitur.. tp lbh prefer ke vixinya.. semuanya pas..
pas di hati..
tapi hatinya sekarang lagi melirik duke 😀
klo dari teknologi suka vixion, klo body si kebo lebih mantep di naiki, tp untuk boncengan jok si kebo pendek.
katanya vixion mumpuni buat balapan?
http://autos.okezone.com/read/2011/12/07/53/539291/yamaha-v-ixion-mumpuni-buat-balapan
wahh memang begitu kayaknya..
tapi saya mah nggak punya cukup nyali buat balapan 😦
bagi yang pengen nambah top seednya, bagi yang gak perlu buat apa di rubah… hehehehe
iyo bener juga kang 😛
yg ini yg saia ga suka dari semua pabrikan,,
mau motor,, mobil,, handphone dsb..
selalu ga ada yg sempurna,,
ada kurang nya satu ini satu itu,,
kenapa gt ga di buat vixion badan byson gt,,
kan lebih ganteng power dapet gt,, cmiiw.. 😀
wah itu namanya produk tanpa cacat ya mas 😀 usul yg bagus tuh..
ya ccd nya c ada lah,,
ky ga full fairing gt misal nya,,
ga dohc gt,, ga RDB,, ban kecil..
tapi seengga nya jgn kasi produk nanggung lha,,
kalo fairing optional ga semua suka,,
RDB kan kalo pasang ga susah,,
kalo soal dohc ma sohc ya ga terlalu keliatan jg,, cmiiw..
ban nya kecil bisa ganti yg gede,, hehe,,
tp rata2 malah ban malah dikecilin ya? cape d.. -.-
tapi kalo soal body ok, tenaga ok + injeksi..
itu kan susah kalo soal modif nya.. imho.. cmiiw..
iyo kalau modif mesin nya susah rasanya 😛
Kalau dari hasil yang pernah saya amati, modifikasi byson jarang yang bisa terlihat lain dari wujud aslinya, yang ada ya cuman gemuk gemuk aja begitu. vixion bawaan ramping, sport, tapi dibikin gemuk bisa, dibikin street fighter guanteng, dibikin biar kaya GP’nya Lorenzo juga Oke. yahhh itu menurut guah… ga tau deh yang lain.. pisss.
Piisss..
pancen Byson dicungkringin ya nggak pantes..
dirasa sudah cakep jadi kebanyakan nggak di modif… 🙂
Bagi saya baik Vixion maupun Byson sama bagusnya. Saya ada rencana beli salah satu motor ini. Tapi saya bingung memilih karena masalah postur tubuh. Tubuh saya ga gede2 amat. Sekitar 163 Cm. Tapi saya pengen punya salah satu kendaraan ini. Adakah saran temen2 atau pengalaman dengan hal ini. Mohon masukannya. Thanks.
aduuuh liat banyak comment tentang kedua adik kandung ini jd galau mau pilih vixi apa mybyy(byson) 😀
dr kmrn baca artikel perseteruan adik kakak ini,
minta solusi voting boleh yaa,pilih vixi apa mybyy ya …..
wahhh sama tu chall gus pun deksrg lsgi binggung mau ngambil yang mna??soalnya bulan 5 ni gua harus netapi yang mna harus aku naikin
adah egk si yg bisa ngasih saran sama aku,,,yang mana yg cocok buat aku dengan postur bandan ku besar gini..?
Byson ,,Tampilan Dan Tenaga Yamaha Byson Sama Beringas